Faiz Dawami
Faiz Dawami Kalau dijabarkan secara rinci, saya orangnya susah untuk dijabarkan, tapi kalau diajak ngopi, saya bisa jadi teman yang baik, dan juga pendengar yang baik pula. Punya hobi aktif di Quora, namun hanya menjawab pertanyaan yang penting saja.

Apa itu Backlink Manipulasi? Mari Kita Bahas!

Tidak ada komentar

Apa itu Backlink Manipulasi?

Tidak hanya perasaan atau pun cinta yang dimanipulasi, backlink pun bisa dimanipulasi. Halah ngaco!

Kalau bicara soal backlink, pasti hampir sebagian bersar blogger sudah paham betul tentang hal ini, dan juga cara kerja backlink itu sendiri.

Tentunya tiap blogger memiliki cara mereka sendiri untuk mendapatka backlink yang berkualitas, dan juga backlink yang membantu mereka untuk mendapatkan rank up pada hasil pencarian Google atau sering disebut dengan SERP atau Search Engine Result Page.

Namun, dibalik ragam cara yang digunakan untuk mendapatkan backlink, ternyata masih ada saja beberapa blogger yang salah dalam menerapkan cara mereka dalam mendapatkan backlink.

Biasanya, hal ini sering kali terjadi pada mereka yang hanya memikirkan kuantiti backlink. Bukan kualitas backlink. Jika hal ini terus dilanjurkan dan menjadi kebiasaan, tentunya bukan hasil baik yang didapatkan. Melainkan hadiah spam score dari Google, makin meningkat.

Sebab itu, mari kita bahas bersama, mengenai backlink manipulasi dan juga bagaimana mengatasinya.


Apa itu Backlink Manipulasi?

Backlink manipulasi merupakan sebuah backlink yang dibuat dengan cara menggunakan PBN, atau sering dikenal dengan Private Blog Network, yang dianggap menjadi cara paling instan untuk mendapatkan backlink.

Google sendiri bisa menilai suatu blog, mendapatkan sumber backlink dari mana saja. Tentunya, jika Google melihat bahwa website kamu berasal dari IP yang sama, Lokasi yang sama, dan juga kredensial yang sama dengan website utama kamu, Google akan menganggap itu sebagai sebuah manipulasi.

Sebab itulah, hindari benar-benar backlink yang kamu tanam sendiri di Web 2.0 milik kalian. Gunakan jasa guest post, atau bahkan jasa promosi lewat orang lain untuk mempromosikan website kalian. Itu lebih baik.

Adapun jika kalian ingin menggunakan Private Blog Network untuk menjadi sumber backlink bagi website utama mu, kalian bisa meminta blogger lain untuk melakukan update post di tiap PBN yang kalian kelola. Tujuannya adalah agar Google tidak melihat itu sebagai sebuah manipulasi. (biasanya karena tiap orang, akan memiliki IP dan lokasi yang berbeda dengan website utama kalian).


Contoh Penanaman Backlink yang baik.

Content is king, but contextual is more important.
Artinya : Kontent adalah raja, namun konten yang kontekstual, itu lebih penting.

Apasih maksud kontekstual disini? Kontekstual adalah sebuah cara penyampaian atau penulisan yang dilakukan para blogger, untuk menulis artikel yang memiliki value atau bahkan nilai penting dari konten tersebut.

Sederhana nya gini. "10 artikel yang hanya berisi tulisan yang sembarangan, tidak lebih baik daripada 2 artikel yang memiliki value didalamnya."

Sama seperti mencari backlink, kita juga harus mengetahui dahulu, bagaimana kita bisa membuat sebuah artikel atau bahkan tulisan agar orang lain mau menyertakan sumber dari website kita sebagai referensi utama nya.

backlink sendiri memiliki beberapa jenis dan sering digunakan oleh para blogger, dan juga saya pribadi.

  • Backlink dengan Anchor Text
    Code : <a href="faizdwm.blogspot.com">Anchor Text</a>
  • Backlink Keyword
    Code : <a href="link post / artikel">Kata Kunci yang ditargetkan</a>
  • Backlink Homepage
    Code : <a href="homepage url kalian">Site Title / Judul website kalian</a>
  • Backlink Naked URL
    tidak memerlukan tag html, hanya paste url saja, seperti :
    https://faizdwm.blogspot.com

Sampai saat ini pun, saya masih menggunakan teknik backlink dengan anchor text dan juga backlink home page. Hal ini sangat berguna untuk menaikkan page authority dan juga domain authority dari sebuah website.

Namun, kamu tidak bisa dengan seenaknya menggunakan cara tersebut dengan melakukan spam secara berlebihan. Baik lewat komentar, ataupun yang lainnya.

Saya biasa menggunakan sebuah guest post yang dimana saya selipi backlink (anchor text) dan juga home page didalamnya. Itu pun hanya 1 backlink per artikel. Seperti contoh :

... sampai saat ini, backlink yang baik untuk menunjang SEO adalah backlink dengan jenis dofollow. Backlink dofollow bisa kalian dapatkan lewat ...

Atau

... backlink nofollow juga berperan penting. Seperti yang pernah ditulis pada laman Faiz Blog, backlink nofollow bisa berguna sebagai salah satu pendukung untuk ...

Setelah menulis banyak artikel seperti diatas, saya akan mencari blogger untuk hanya mempublikasikan artikel yang sudah saya tulis, dan menambahkan link / url kepada kata-kunci tertentu, ataupun yang lainnya.

Hal ini bukan hal curang, justru hal ini terbilang legal dan juga baik bagi perkembangan backlink bagi sebuah website. Karena cara ini terlihat natural, dan sesuai dengan topik yang ditulis, jika URL tersebut di klik.

Kesimpulan
Mendapatkan backlink dengan cara spam, tidak akan membantu kamu dalam mendapatkan rank up dari Google, ataupun dalam hal indexing yang dilakukan Google. Sebab itu, berhenti memanipulasi backlink, dan buatlah konten yang berkualitas, untuk mendapatkan perhatian dari robot Google dan juga pengunjung.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Kalau dijabarkan secara rinci, saya orangnya susah untuk dijabarkan, tapi kalau diajak ngopi, saya bisa jadi teman yang baik, dan juga pendengar yang baik pula. Punya hobi aktif di Quora, namun hanya menjawab pertanyaan yang penting saja.

Komentar