Faiz Dawami
Faiz Dawami Kalau dijabarkan secara rinci, saya orangnya susah untuk dijabarkan, tapi kalau diajak ngopi, saya bisa jadi teman yang baik, dan juga pendengar yang baik pula. Punya hobi aktif di Quora, namun hanya menjawab pertanyaan yang penting saja.

Google baru saja Meluncurkan "Think Insight", Apa itu Google Think?

Tidak ada komentar

Google Think Insight

Google Think atau juga dikenal dengan Think Insight, adalah sebuah Tools baru yang berguna untuk aktivitas Digital Marketing, Research, dan masih banyak lagi. Adapun garis besar yang saya tangkap dari Google Think adalah ini bisa menjadi salah satu Digital Marketing Toolbox untuk para Digital Marketer tentunya.

Didalam Google Think sendiri, kalian bisa menemukan banyak tools yang berguna untuk membantu kalian dalam melakukan banyak hal dalam melakukan marketing yang lebih luas lagi pastinya.

Jika kalian bertanya kepada saya, Apa itu Google Think? Saya akan menjawab dengan versi saya.

"Google Think adalah sebuah Platform baru yang berisi banyak sekali tools terpisah yang disatukan menjadi satu."

Apa itu Google Think?
google think - via thinkwithgoogle.com

Disana, kalian bisa menggunakan banyak tools yang berguna untuk website yang menjual sebuah produk, atau bahkan melakukan riset secara lebih mendalam. Sayangnya, Google Think belum tersedia untuk negara Indonesia. Namun, bukan berarti kalian tidak bisa menggunakannya di Indonesia.

Hanya saja, kalian tidak bisa menyelam lebih dalam mengenai Google Think ini.

Tujuan dari Google Think juga sudah dijelaskan di awal paragraph tadi. Yakni membantu para marketer, untuk mendapatkan insight dari para audience yang mereka targetkan.

Digital Marketing Toolbox Google Think

Adapun beberapa produk atau tools yang ada di Google Think berupa


Culture & Trends
Tools ini berguna untuk kalian yang ingin melihat sebuah trend dari sebuah kategori atau bahkan marketplace atau pasar. Selain itu, kalian juga bisa melihat trend apakah yang mempunyai potensi dan juga engagement (keterkaitan) dengan brand yang kalian cari atau jual.



Competitive Analysis
Dalam sebuah usaha atau marketing, tentunya kita sering mendapati pesaing didalam nya. Dengan menggunakan tools ini, kalian bisa mendapatkan kiat-kiat baru, untuk bisa bersaing dalam sebuah marketplace atau pasar online.



Consumer Insights
Dengan menggunakan tools ini, kalian bisa melihat sebuah data, siapa saja yang membeli produk yang kalian jual, dan mengapa mereka membeli produk tersebut. Tentunya dengan tools ini juga, kalian bisa menentukan pilihan untuk membangun strategi marketing yang baru.



Diagnostic Tools & Industry Benchmarks
Apakah situs saya sudah cukup berkembang? Apakah penjualan saya sudah maksimal? Apakah platform yang saya gunakan sudah sesuai? Tentunya hal ini bisa kamu analisa dengan menggunakan tools ini.


Google Think Tools

Tapi, tak sampai sini saja kamu bisa menggunakan tools dari Google Think. Ada beberapa tools lain yang berguna untuk menunjang efektifitas dari website ataupun platform yang kalian gunakan untuk melakukan campaign atau pengiklanan, seperti

Shopping Insights

Tools ini berguna untuk melihat brand apakah yang sedang banyak menjadi perbincangan para calon konsumen dalam membeli produk. Kamu bisa mencari data yang lebih spesifik sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan.


Tests My Site

Hampir mirip dengan Google Speed Insight, hanya saja dengan tools ini kamu bisa mendapatkan tips dan trik untu memperbaiki loading dari website kamu di bidang industri atau penjualan secara online.


Find My Audience

Dengan tools ini, kalian bisa melihat demographic dari jumlah pengunjung atau konsumen yang membeli, atau bahkan mengunjungi situs yang kalian kelola dalam menjual produk. Tentunya hal ini juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan konsumen yang tertarget dari produk yang kalian jual.


Grow My Store

Ingin membuat bisnis kamu menjadi lebih besar? Tentunya hal ini bisa dibantu dengan tools Grow My Store. Disini kamu bisa mendapatkan kiat-kiat atau tips untuk mengembangkan bisnis kalian.


Google Trends

Sudah banyak orang yang mengetahui tools yang satu ini. Kamu bisa memanfaatkan trends yang sedang terjadi, dan melihat commerce insight daripada sebuah produk tersebut, keren ya.


Market Finder

Dalam menjual sebuah produk, tentunya kita harus mengetahui betul, pasar atau marketplace mana yang akan mendatangkan insight yang besar bagi bisnis kalian. Tenang, hal ini bisa dibantu dengan tools Market Finder.


Create With Google

Buat kamu yang sering menggunakan Digital Ads untuk kebutuhan promosi, kamu bisa menggunakan tools yang satu ini, untuk membantu membuat personalisasi dari sebuah iklan yang akan kalian tayangkan di Google Ads.


Advance your Measurement

Tingkatkan pengukuran atau batasan anda. Dengan tools yang satu ini, kamu bisa melakukan analisa lebih dalam dari segi strategi marketing yang kalian lakukan, serta melakukan perbandingan antara strategi yang kalian lakukan sebelumnya, dan mengembangkan strategi yang sudah berjalan agar lebih baik lagi dalam mendapatkan insight dari calon konsumen

*wah, pegel juga ya nulis segini banyak, hehe.

Kesimpulan
Google Think atau Think Insight, merupakan sebuah platform yang menggabungkan banyak tools lain, yang ditujukan kepada para digital marketer atau bahkan untuk mereka yang ingin melakukan kampanye lewat Digital Ads, untuk mempromosikan produk mereka. Semoga, dengan hadirnya Google Think, kita bisa lebih mudah mendapatkan penjualan dan meningkatkan insight daripada produk yang kita jual melalui campaign online di era digital saat ini.  

Faiz Dawami
Faiz Dawami Kalau dijabarkan secara rinci, saya orangnya susah untuk dijabarkan, tapi kalau diajak ngopi, saya bisa jadi teman yang baik, dan juga pendengar yang baik pula. Punya hobi aktif di Quora, namun hanya menjawab pertanyaan yang penting saja.

Komentar