Faiz Dawami
Faiz Dawami Kalau dijabarkan secara rinci, saya orangnya susah untuk dijabarkan, tapi kalau diajak ngopi, saya bisa jadi teman yang baik, dan juga pendengar yang baik pula. Punya hobi aktif di Quora, namun hanya menjawab pertanyaan yang penting saja.

Pola Pikir Apa yang Harus dimiliki Agar Bisa 'Sukses' dalam Segala Hal?

Tidak ada komentar

Pola Pikir Apa yang Harus dimiliki Agar Bisa 'Sukses' dalam Segala Hal?

Pola pikir adalah salah satu cara bagaimana seorang manusia memiliki alur untuk berfikir. Baik untuk melakukan suatu hal, atau bahkan dalam mengahadapi masalah, dan juga didalam kehidupan.

Iya, tiap orang pun pasti memiliki cara atau pola pikir yang berbeda. Tergantung pada bagaimana mereka menghadapi masalah, dan bagaimana mereka berfikir sebelum mengambil sebuah keputusan.

Makin dewasa dan berkembangnya seseorang, tentu akan berpengaruh kepada bagaimana mereka berfikir, dan menjadi lebih baik dalam menghadapi suatu hal ataupun keputusan.

Lalu, mengapa judul yang saya buat adalah Pola Pikir yang harus dimiliki agar bisa 'Sukses'?


Malas baca? Mau langsung ke poin pentingnya?


Sederhananya, selama saya menjadi pengguna Quora, ada banyak sekali pertanyaan yang masuk, dan tak jauh dari kata kunci uang, cepat, mudah, menghasilkan uang, dan masih banyak lagi. Kurang lebih, seperti ini pertanyaannya.








Catatan : Gambar yang ada diatas, adalah milik saya pribadi di Akun Quora saya.
Banyak pertanyaan yang saya lewati, dan ada sebagian yang saya jawab.
Disclaimer : Maksud saya membagikan gambar, adalah tidak untuk menjatuhkan ataupun menghina.
dan masih banyak lagi jawaban yang masuk ...

Bisa dilihat dari beberapa screenshot yang saya dapatkan dari akun Quora yang saya miliki. Jujur, saya sedikit merasa risih, namun yasudah, mau diapakan lagi?


Mengapa Saya Membenci Pertanyaan Seperti diatas?

Sederhananya, saya membenci kalimat GRATIS, padahal tidak ada satu hal pun yang bisa kamu dapatkan secara gratis, "Kencing di POM Bensin aja bayar 2000".


1. Pertanyaan yang diajukan Tidak Mengharapkan Jawaban

Yap, saya bisa langsung menyimpulkan hal yang sangat sederhana dan kritis seperti ini. Mengapa? Sebab, jika kamu masuk kedalam platform Quora, kamu akan menemukan banyak sekali para pengguna Quora yang bertanya tidak sesuai kredensial profile milikmu, atau bahkan hanya mencari sebuah target bagi sebagian Mitra Quora.

Sederhananya begini, pertanyaan pertanyaan diatas bisa kamu temukan jawabannya di mesin pencari Google. Sudah banyak sekali referensi ataupun website yang memang membahas soal Mendapatkan Uang Lewat Blog, Online, atau bahkan yang lainnya.

Mengapa mereka justru mempertanyakan hal seperti itu di Quora? Ntahlah, saya tidak mengerti. Mungkin, mereka berfikir jika bertanya di Quora, mereka akan mendapatkan pertanyaan yang lebih spesifik.

Nyatanya, sebagian pengguna Quora juga menjawab pertanyaan tersebut dengan mencari jawaban di Google. Lucu bukan.


2. Quora Tempatmu Berdiskusi, Bukan Untuk Mencari Jawaban Soal Mencari Uang

Untuk saya pribadi, Quora merupakan salah satu situs dimana saya bisa melihat banyak jawaban ataupun pertanyaan yang cukup berbobot.

Saya senang membaca jawaban-jawaban yang memberikan saya pengetahuan dan wawasan yang baru. Tentunya dengan ciri menjawab yang berbeda dari tiap pengguna Quora.

Jika kamu berfikir Quora hanya menjadi salah satu tempat untuk mencari uang, kamu akan benar-benar merasa sangat rugi. Meskipun tidak munafik, saya juga membutuhkan uang.

Oh iya, kamu bisa baca artikel lain dari saya tentang Quora.



Pola Pikir Apa yang Harus Kita Miliki?

Baik, sekarang saya akan mencoba langsung kepada inti dari judul yang saya buat. Tentunya, tulisan ini merupakan atas dasar apa yang saya rasakan, dan pengalaman saya. Jika memang dirasa teman-teman keberatan, silahkan tambahkan di kolom komentar, ya.


Berhenti Memikirkan "HASIL" Ketika Memulai Sesuatu

Hal ini sering kali saya singgung didalam kehidupan saya sendiri. Iya, saya selalu mengatakan bahwa tolong jangan tanyakan soal berapa uang yang akan saya dapat. Terlebih ketika memulai suatu usaha yang dibangun dari nol.

Baik dari teman kampus ataupun lingkungan sekitar, saya selalu mewanti-wanti kepada siapapun untuk mau mempelajari suatu hal terlebih dahulu, sampai benar-benar mahir dan mampu untuk menguasai hal tersebut.

Sampai saat ini pun, saya memiliki banyak sekali blog yang tidak di monetisasi oleh iklan digital yang ada, seperti Google Adsense, misalnya.

Saya senang mempelajari banyak hal baru. Baik itu tentang Teknologi, Desain, Copywriting, ataupun yang lainnya. Biar semua saya telan terlebih dahulu. Anggap saja itu sebagai salah satu nilai lebih untuk menambah wawasan saya agar lebih luas.

Satu kutipan penting dari atasan tempat saya bekerja, ia pernah mengatakan sesuatu yang kurang lebih

"Jadi bermanfaat aja dulu, bagikan sesuatu yang ada value nya, uang nanti datang sendiri tanpa perlu dicari"
Dan dari saya pribadi, saya memang senang membagikan sesuatu. Baik itu dalam bentuk Video Tutorial, ataupun sebuah tulisan. Tujuan saya adalah Menjadi Bermanfaat untuk Orang Lain.

Nikmati segala prosesnya, analisa semua cara yang sudah kamu lakukan. Evaluasi kembali bagaimana kamu sudah melakukan proses, dan dari sinilah kamu akan mengetahui perkembanganmu.

Sebab itulah saya tidak mementingkan 'berapa' uang yang saya dapatkan. Selama banyak orang yang terbantu dengan apa yang saya bagikan, saya sudah merasa cukup.


Banyak Mendengar dan Tidak Memotong Pembicaraan

Ketika kamu mungkin sedang melakukan percakapan dengan orang yang lebih dewasa atau lebih berpengalaman, cobalah untuk bisa lebih banyak mendengarkan, dan jangan memotong pembicaraan.

Selain harus ada didalam pola pikirmu, ini juga menjadi salah satu cara bagaimana kamu menampilkan attitude yang baik, ketika berbicara atau bertemu orang lain.

Terkadang, orang yang mungkin saja menjadi lawan bicara kita, ia lebih memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan. Sebab itulah kamu harus banyak mendengarkan.

Oh iya, dari apa yang saya pelajari juga, jika seseorang sering memotong pembicaraan, ia adalah orang yang sombong. Namun, jangan sampai kamu mempercayai hal ini sepenuhnya, ya. Ini hanya pendapat saya saja.


Jangan Kosongkan Gelasmu, Tambah Kapasitas Gelasmu

Tau maksud kalimat diatas? Gampangnya, Gelas disini adalah pengetahuanmu. Jika kamu memiliki banyak pengetahuan tentang hal yang kamu suka, rasanya kamu tidak perlu mengosongkan gelas yang sudah ada isinya.

Kamu bisa melakukan upgrade pada gelas yang kamu miliki. Tentunya untuk menerima banyak hal baru dan juga pengetahuan yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Hal ini bisa sangat berguna agar membuatmu menjadi lebih baik, dan memiliki pengetahuan yang luas.

Tak perlu takut jika isi gelasmu akan bercampur. Justru, dari sinilah kamu bisa mendapatkan banyak warna daripada isi gelas yang kamu miliki. Menarik bukan.


Jangan Terlalu Banyak Alasan!

Mungkin kita akan sering memberikan banyak alasan, terlebih ketika ingin mencoba hal baru. Kita terlalu sering berlama-lama didalam zona nyaman yang memang sudah menjadi salah satu kebiasaan kita.

Padahal, terlalu banyak alasan adalah sebuah cara instan untuk membuktikan bahwa kamu "Terlalu Takut Untuk Mencoba dan Gagal". Ingat, pendiri Facebook sendiri tidak pernah berhenti dalam mencoba banyak hal baru, dalam mengembangkan Social Media Facebook yang saat ini kita gunakan.

Iman Usman, salah satu pendiri dari Ruangguru, pernah diwawancarai oleh seorang Youtuber bernama Agung Hapsah. Pada kesempatan tersebut, Iman Usman mengatakan


Kamu bisa menonton Video dari Agung Hapsah, tentang seorang Iman Usman. Kamu bisa memetik sesuatu, dan belajar dari tidak banyak alasan, untuk melakukan sesuatu. Just try, and believe to yourself.

Melakukan kesalahan dan gagal saat mencoba suatu hal adalah hal yang wajar. Namun, semua kembali kepada dirimu. Jika kamu gagal, kamu bisa kembali mundur dan memulainya dari awal. Jangan takut, dari sini kamu akan belajar sesuatu.


Jangan Takut Gagal, Kamu Harus Berkembang

Sama seperti poin sebelumnya, kamu harus lebih banyak melakukan beberapa trial and error dalam melakukan suatu hal, ataupun dalam berproses.

Ketika kamu mempelajar hal baru, mungkin kamu akan banyak terpaku pada Buku, Website, Video Tutorial, atau bahkan mentormu sendiri.

Namun, ketika kamu berpaku pada sumber pengetahuanmu, kamu tidak bisa hanya mempelajari basic ataupun teori nya saja. Kamu harus bisa mempraktekkan hal tersebut. Kamu harus berani mencobanya.

"Kamu tidak akan mengetahui hal tersebut berhasil, jika kamu tidak mengalmi kegagalan".
Biasakan dirimu untuk tidak pernah menyerah pada kegagalan yang kamu alami. Sekali, dua kali, tiga kali, ataupun ribuan kali, kamu selalu memiliki kesempatan untuk bisa menjadi yang lebih baik, dan 'sukses' pada hal yang kamu tuju.

Tentunya, kamu bisa terus mundur kembali untuk memperbaiki kesalahan, untuk memecahkan masalah itu sendiri. Semakin banyak kamu salah, semakin berkembang pengetahuanmu. Namun, perlu sangat diingat. Jika kamu terlalu sering gagal dan tidak memperbaikinya, cobalah untuk membenahi dirimu lebih dalam lagi.

Mungkin, ada yang salah dengan cara fikirmu, atau bahkan kamu sedang tidak tenang untuk kembali mencoba.


Akhir Kata

Adapun beberapa pola pikir yang saya tulis diatas, hal tersebut hanyalah sebuah isi pikiran yang saya miliki. Terlepas dari kalimat 'sukses' yang saya tulis di judul, semua memiliki acuan suksesnya masing-masing. Selama kamu bisa konsisten dan terus belajar, apapun yang kamu lakukan akan lebih mudah untuk dilakukan. Baca juga : Selesaikan Apa yang Sudah Kamu Mulai.

Sekian untuk tulisan saya kali ini. Semoga bisa menjadi salah satu jawaban pertanyaanmu, dan juga menjadi salah satu referensi yang baik untuk kehidupanmu. Cheers!

Faiz Dawami
Faiz Dawami Kalau dijabarkan secara rinci, saya orangnya susah untuk dijabarkan, tapi kalau diajak ngopi, saya bisa jadi teman yang baik, dan juga pendengar yang baik pula. Punya hobi aktif di Quora, namun hanya menjawab pertanyaan yang penting saja.

Komentar